Urutan Versi Android

Daftar Urutan Versi Android Terbaru

(update OS Android 2024)

Urutan+Versi+Android+Terbaru+2024


Sejarah OS Android

Pengembangan OS Android dimulai pada tahun 2003 oleh Android, Inc. Kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Versi beta dari OS Android dirilis pada tanggal 5 November 2007, sedangkan software development kit (SDK) dirilis pada 12 November 2007.
Ponsel Android pertama dirilis secara publik dengan Android 1.0 dari T-Mobile G1 (alias HTC Dream) pada Oktober 2008.
Semenjak Agustus 2019 Google mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan urutan numerik untuk versi Android, kali pertama OS Android dirilis dengan format urutan numerik Android 1.0.
Urutan+Versi+Android+Lama+sampai+Terbaru+Update+2024

Daftar Susunan Versi Android dan Codename

Android 1.0 to 1.1: Astro (Alpha) & Bender (Beta)
Android 1.5: Cupcake
Android 1.6: Donut
Android 2.0 to 2.1: Eclair
Android 2.2 to 2.2.3: Froyo (Frozen Yoghurt)

Android 2.3 to 2.3.7: Gingerbread
Android 3.0 to 3.2.6: Honeycomb
Android 4.0 to 4.0.4: Ice Cream Sandwich
Android 4.1 to 4.3.1: Jelly Bean
Android 4.4 to 4.4.4: KitKat
Android 5.0 to 5.1.1: Lollipop
Android 6.0 - 6.0.1: Marshmallow
Android 7.0 to 7.1.2: Nougat
Android 8.0 to 8.1: Oreo
Android 9.0: Pie
Android 10
Android 11
Android 12 Snow Cone
Android 12L Snow Cone v2 12.1[a]
Android 13 Tiramisu
Android 14 Upside Down Cake
Android 15 Vanilla Ice Cream

Urutan Versi Android HP dan Fitur-Fiturnya

Urutan Versi Android HP memiliki fitur-fitur yang berbeda pada setiap kali rilis berikut fitur fitur OS Android lama hingga Andrpod 11 terbaru ::

Versi Android 1.0 hingga Android 1.1 Astro (Alpha) & Bender (Beta)

Andoid Astro (Alpha) & Bender (Beta) memiliki fitur Web Browser untuk menampilkan halaman web HTML dan XHTML, kamera, mengakses server email web (POP3, IMAP4, dan SMTP). Versi Android 1.0 sampai Android 1.1 ini juga memiliki fitur Google Kalender, Google Maps, Google Sync, Google Search, Google Talk, SMS, Pemutar media, Notifikasi muncul di bilah status, wallpaper, pemutar video YouTube, Jam Alarm, Kalkulator, Panggilan Telpon, Gambar (Galeri), Wi -Fi dan dukungan Bluetooth.

Versi Android 1.5: Cupcake 

Android Cupcake meiiliki fitur yang sudah mendukung keyboard virtual pihak ketiga, perekaman dan pemutaran Video dengan format MPEG-4, fitur salin dan tempel, terjemahan layar animasi, opsi rotasi layar otomatis, mengunggah video ke YouTube, mengunggah foto ke Picasa, memeriksa riwayat penggunaan telepon.

Versi Android 1.6: Donut 

Android Donut memiliki fitur pencarian suara dan teks, riwayat bookmark, kontak, web, akses kamera lebih cepat, pengguna dapat memilih beberapa foto untuk dihapus, mendukung mesin pencarian dengan suara, resolusi layar WVGA .

Versi Android 2.0 hingga 2.1: Eclair 

Android Eclair memiliki fitur sinkronisasi akun, dukungan email Microsoft, Bluetooth 2.1, menambahkan foto pada Kontak dan memilih kontak untuk menelepon, SMS, pencarian semua SMS yang disimpan, pesan MMS, menghapus pesan terlama secara otomatis, perbaikan bug pada versi android sebelumnya

Versi Android 2.2 hingga 2.2.3: Froyo 

Android Froyo memiliki beberapa fitur seperti kecepatan dioptimalkan, memori, optimasi kinerja. Integrasi Chrome V8, aplikasi Browser, layanan Cloud android. dukungan Adobe Flash, pembaruan keamanan, dan peningkatan kinerja android..

Versi Android 2.3 hingga 2.3.7: Gingerbread 

Android Gingerbread memiliki fitur ukuran dan resolusi layar lebih besar, desain antarmuka pengguna diperbarui, peningkatan kecepatan kinerja,peningkatan fitur salin dan tempel, memilih kata dengan menahan layar, fitur Near Field Communication (NFC), virtualisasi headphone , Pengelola Unduhan

Perangkat Android yang masih menggunakan Android 2.3.7 (versi final Gingerbread), atau yang lebih lama tidak akan diizinkan masuk ke akun Google.  Kebijakan berlaku mulai 27 September 2021. Mengutip The Verge, sesudah batas waktu 27 September 2021 itu, masih bisa memakai layanan Google dengan cara masuk akun google melalu browser perangkat.

Versi Android 3.0 hingga 3.2.6: Honeycomb 

Android Honeycomb merupakan OS Android pertama tablet yang ini meiliki fitur-fitur antarmuka pengguna "holografik" untuk tablet, menambahkan Bar sistem, multitasking yang dioptimalkan, Aplikasi Terbaru di Bar sistem, desain keyboard baru dan cepat, akses cepat ke kamera, akselerasi perangkat keras, prosesor multi-core, penyempurnaan antar muka pengguna, dukungan konektivitas untuk aksesoris USB joystick dan gamepad, penignkatan kinerja Wi-Fi, Google Buku, perbaikan masalah konektivitas data setelah mode Pesawat.

Versi Android 4.0 hingga 4.0.4: Ice Cream Sandwich

Android Sandwitch memperkenalkan banyak fitur baru: penyempurnaan antarmuka pengguna, pemisahan widget di tab baru, fitur tangkapan layar, editor foto, pemeriksaan ejaan, kinerja kamera yang lebih baik.

Versi Android 4.1 to 4.3.1: Jelly Bean   

Android Jelly Bean memiliki fitur baru: gerakan satu jari untuk memperluas / menutup pemberitahuan, fitur layar kunci, aplikasi jam baru, Komsumsi daya pada Bluetooth lebih rendah, pengaturan volume untuk panggilan masuk, dukungan resolusi video 4K, dukungan emoji.

Versi Android 4.4 hingga 4.4.4: KitKat 

Android Kitkat memiliki beberapa fitur baru: mencetak secara nirkabel, WebViews pada mesin pencarian Chromium, fitur perekaman layar, kompatibilitas aplikasi yang lebih baik, aplikasi kamera memuat Foto Google+.

Versi Android 5.0 hingga 5.1.1: Lolipop 

Android Lolipop menyediakan beberapa fitur seperti antarmuka pengguna yang didesain ulang, dukungan untuk CPU 64-bit, dukungan untuk pratinjau cetak, materi desain, Project Volta untuk peningkatan masa pakai baterai, input audio, dan output melalui perangkat USB, bergabung dengan jaringan Wi-Fi, dukungan untuk beberapa kartu SIM, panggilan suara definisi tinggi, panggilan melalui Wi-Fi.

Versi Android 6.0 - 6.0.1: Marshmallow

Android Mashmallow memiliki fitur baru seperti fitur Aplikasi Standby, mode Doze untuk menghemat baterai, sidik jari USB-C, emoji Unicode 7.0 & 8.0

Versi Android 7.0 hingga 7.1.2: Nougat 

Android Nougat meiliki fitur-fitur berikut:: enkripsi file, memperbesar layar, multi-screen, mode Penghemat Data, mengirim gambar GIF langsung dari keyboard.

Versi Android 8.0 hingga 8.1: Oreo

Android Oreo memiliki fitur: unicode 10.0 emoji (5.0), menu pengaturan, ikon notifikasi, titik notifikasi, boot 2 kali lebih cepat, Google Play Protect, tema terang otomatis, dan tema gelap.

Versi Android 9.0: Pie

Android Pie ini memiliki fitur berikut: jam telah dipindahkan ke kiri bilah notifikasi, tombol "tangkapan layar" telah Ditambahkan, persentase baterai selalu ditampilkan di layar.

Versi Android 10

Android 10 memiliki fitur seperti izin baru untuk mengakses lokasi daii latar belakang, panel pengaturan mengambang, codec video AV1, otentikasi biometrik sidik jari, keamanan Wi-Fi WPA3

Versi Android 11

Android 11 memiliki fitur percakapan dimana semua pesan percakapan anda cukup di satu aplikasi. Aksesibilitas: Aplikasi perseptif membantu mengontrol dan menavigasi ponsel dengan menggunakan perintah suara. Kontrol perangkat: memungkinkan untuk mengontrol semua perangkat yang terhubung (IOT) dari satu perankat. Pengambilan konten: hadir dengan fitur perekaman layar yang dapatt merekam aktivitas layar ponsel secara langsung. Alat prediktif:: dengan memprediksi kebiasaan dan pola kerja pengguna. Privasi & keamanan: memberikan lebih banyak perbaikan keamanan dan privasi pengguna. Media: pengguna dapat memutar musik dari perangkat lain yang terhubung ke ponsel.

Versi Android 12

Android 12 diumumkan di blog Android yang diposting pada 18 Februari 2021. Versi beta pertama android 12 dirilis pada 18 Mei 2021, diikuti oleh beta 2 pada 9 Juni 2021,  yang mendapat pembaruan perbaikan bug ke beta 2.1 pada 23 Juni. Kemudian beta 3 dirilis pada 14 Juli 2021, pembaruan perbaikan bug ke beta 3.1 pada 26 Juli. Beta 4 dirilis pada 11 Agustus 2021. Beta kelima, yang dirilis pada 8 September 2021 dianggap sebagai Final rilis dimana Android 12 stabil secara dirilis pada 4 Oktober 2021 yang di terapkan pada smarphone Android Google Pixel

Versi Android 13 - Tiramisu

Catatan Rilis Android 13 dengan codename Titamisu yang rilis secara resmi pada 15 Agustus 2022 yaitu adalah Sistem Android 13 ini di Bangun untuk memperkuat privasi pengguna dengan pemilih foto dan izin notifikasi. Tingkatkan produktivitas dengan ikon aplikasi bertema, bahasa per aplikasi, dan pratinjau papan klip. Dibuat untuk standar modern seperti Bluetooth LE Audio dan MIDI 2.0 melalui USB. Berikan pengalaman yang lebih baik di tablet dan layar besar.

Versi Android 14 - Upside Down Cake

Catatan Android 14 codename Upside Down Cake secara resmi rilis pada 4 Oktober 2023 dengan berbagai fitur baru untuk Ciptakan pengalaman kamera dan media yang lebih kaya dengan Ultra HDR, lebih banyak ekstensi kamera, dan audio USB lossless. Sederhanakan login menggunakan Credential Manager, dan berikan wawasan kesehatan dan kebugaran dengan aman menggunakan Health Connect. Jadikan aplikasi Anda lebih ekspresif dan personal dengan bagian belakang prediktif, bahasa per aplikasi, perubahan tata bahasa, dan banyak lagi. Berikan pengalaman menarik dan berbeda di layar besar.

Versi Android 15 - Vanilla Ice Cream

Android 15 yang dirilis kali pertama pada 16 Februari 2024 dengan codename Vanilla Ice Cream ini mendapatkan update pada 21 Maret 2024 dengan Catatan Rilis bahwa android 15 ini masih dalam tahap uji coba atau pratinjau yang tentunya masih memiliki berbagai masalah stablitas, baterai dan kinerja. untuk Versi Android 15 Developer Preview ini sendiri hanya tersedia pada perangkat Google Pixel seperti Pixel 6 Series, Pixel 7, Pixel 8 Series, Google Pixel Fold, Pixel Tablet 

Demikian pengetahan tentang software dan urutan versi android terbaru.

Posting Komentar untuk "Urutan Versi Android"